RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan pendidikan : SD NEGERI PABELAN 1
Kelas/Semester :IV/II
Tema/Sub Tema : 4.BerbagaiPekerjaan /1.Jenis JenisPekerjaan
Pembelajaran : 3
Alokasi
Waktu :
1 hari (60
Menit)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
KompetensiDasar:
3.3 Menggaliinformasidaritekswawancaratentangjenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
Indikator:
3.3.3 Membedakankalimatlangsungdantidaklangsung.
Matematika
KompetensiDasar:
3.9 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
4.10
Mengembangkan dan membuat berbagai pola numerik dan geometri
3.10 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang.
Indikator:
3.9.1 Menjelaskan konsep luas bangun datar persegi dan persegi panjang.
PPKn
KompetensiDasar:
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,sekolah, dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah,sekolah, dan masyarakat.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan kewajiban sebagai seorang pekerja dalam kehidupan sehari-hari
di masyarakat
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca teks dialog dan laporan siswa mampu membedakan kalimat langsungdan tak
langsung dengan benar
2.
Dengan
mengamati contoh teks dialog, siswa mampu membuat dialog denganpasangannya
dengan sesuai konteks.
3.
Dengan
membaca teks dialog, siswa mampu menceritakan isi dialog dengan kalimattak
langsung.
4.
Dengan
mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan pentingnya menjalankan
kewajiban sebagai seorang pekerja dengan
rinci.
5.
Setelah
kegiatan eksplorasi, siswa mampu menghitung luas bangun datar dengan
satuan tidak baku. Dengan mengamati sisi-sisi
bangun datar, siswa mampu menghitungkeliling bangun datar.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengenal teks wawancara tentang
pekerjaan
2.
Menghitung luas bangun datar persegi,
persegi panjang , dan segitiga dengan menggunakan benda benda sekitar dan media
yang disediakan oleh guru
3.
Mengenal dan memahami hak dan kewajiban
sebagai warga negara
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode :
ceramah, diskusi, tanya jawab
2.
Strategi :
talking stick dan picture and picture
3.
Pendekatan : Scientifik (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan)
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media :
Cerita siswa
2.
Alat :
BUKU, KOTAK PENSIL, UBIN,
PAPAN TULIS,
3.
Sumber Belajar : Buku siswa
Kurnianingsih, Yanti, dkk. 2013. Buku SiswaTema 4: berbagaipekerjaan. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa tahfid, berdoa,
mentoring pagi hari
2.
Melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa
3.
Mengajak semua siswa untuk semangat
pagi
4.
Melakukan apersepsi
5.
Memberikan cerita-cerita teladan untuk
menanamkan nilai-nilai karakter pada diri siswa
6.
Menyebutkan tujuan belajar hari ini
7. Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang berbagai pekerjaan yang diminati
(mengumpulkan informasi)
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati video cerita
tentang perjalan padi dari sawah sampai rumah makan dan mengamati jenis
profesi pekerjaan.(mengamati)
2.
Siswa diajak bermain
tebak gambar bentuk benda dan jenis pekerjaan. (menalar)
3.
Siswa diperlihatkan foto yang siswa
bawa secara acak dan meminta siswa menebak jenis pekerjaan apa itu dengan permainan stick? (menalar)
4.
Siswa diajak untuk selalu mensyukuri
berbagai peristiwa yang telah dialami, baik menyenangkan maupun kurang
menyenagkan. Setiap peristiwa yang kita alami adalah kasih sayang Tuhan
terhadap manusia (menalar)
5.
Siswa menunjukkan cara menghargai
perbedaan pekerjaan
6.
Siswa diberitahu hak dan kewajiban
pekerjaan negara
7.
Siswa di minta
mendriskripsikan hak dan kewajiban warga secara talking stick
8.
Siswa menyebutkan cita cita profesi
sewaktu masih kecil
9.
Guru menunjukkan benda benda bidang
datar kemudian siswa menyebutkan jenisnya
10.
Siswa menebak jumlah benda yang
tersebut secara picture and picture
11.
Siswa menghitung bersama-sama luas bangun datar jawaban di papan
tulis yang menunjukkan jumlah benda (mengumpulkan informasi)
12.
Guru meminta siswa untuk mengerjakan
latihan soal di buku siswa dan soal-soal yang telah ditulis guru di papan
tulis secara talking stick (mencoba baik yang menyenangkan maupun kurang
menyenangkan (mengumpulkan informasi)
13.
Siswa dibimbing untuk selalu
mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami baik menyenangkan maupun
kurang menyenangkan (mengomunikasikan)
14.
kemukakan bahwa bersyukur dan
menghargai sesama
|
30 menit
|
Penutup
|
2.
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua siswa berdoa (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran)
5.
Menginformasikan kegiatan belajar yang
akan dating
6.
Memberi tugas kepada siswa untuk
bersama orang tua menghitung luas persegi panjang
|
15 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian sikap :
percaya diri, disiplin, dan peduli lingkungan
b.
Unjuk kerja :
bercerita tentang masa kecil (lembar pengamatan-observasi)
c.
Penilaian pengetahuan :
latihan tertulis dan mengerjakan lembat kerja di buku siswa (halaman: 9-10)
2.
Bentuk Instrumen Penilaian : Format
pengamatan, isian
Surakarta,
21 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas IV,
(JakaPurwaka) (EstiNur S)
NIP.
I.
Lampiran
Bentuk Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap
Lembar pengamatan siswa di kelas
Mingguke…… Bulan….2014 Sub
Tema :jenis
jenis pekerjaan
No
|
Nama
|
Aspek Yang dinilai
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Peduli Lingkungan
|
|||||||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Unjuk
Kerja
Menceritakan pengalaman
masa kecil
No
|
Kriteria
|
Baik
sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Bimbingan
|
1.
|
Penggunaan Bahasa
|
Siswa
mampu menceritakan kembali isi foto dengan menggunakan bahasa indonesia
|
siswa
mampu menceritakan kembali isi foto dengan menggunakan bahasa indonesia dan
diselingi bahasa daerah
|
siswa
mampu menceritakan kembali isi foto dengan menggunakan bahasa daerah
|
siswa
mampu menceritakan kembali isi foto dengan bantuan dan bimbingan guru
|
Pegamatan/observasi
No
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum terlihat (ü)
|
1.
|
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
2.
|
Partisipasi dalam bertanya
|
|
|
3.
|
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan
|
|
|
Soal Evaluasi
Kerjakan!
1.
Tulislah nama benda apa di bawah ini!
2.
Hitunglah luas benda di bawah ini!
12 cm
12 cm
14 cm
5
cm
3.
sebutkan pekerjaan sesuai gambar!
4.
Isilah titik-titik di bawah ini:
Kita harus saling menghargai setiap.....
Setiap pekerjaan harus kita ....
5.
Sebutkan macam – macam pekerjaan yang anda ketahui!
Kunci Jawaban dan Skor
1. persegi panjang dan
persegi
2. luaspersegi = S x S
= 12 x 12
= 144 cm2
Luaspersegipanjang = l x p
= 5 x 14
= 70 cm2
3. dokter, arsitek,
teknisi dan guru
4. – manusia
- syukuri
5. guru, dokter,
polisi, TNI, apoteker, dll
Untuk skor LKS di buku
siswa:
-
Setiap
soal yang benar mendapat 2 poin
-
Total skor 2 x 5 = 10